HAKEKAT

Puisi Rino Desanto W.

Mendung
Gumpalan awan membayangi perjalanan mentari
Laki-laki wanita tua muda berduyun beriringan
Setiap jiwa menyerahkan semangkuk air mata
Setiap jiwa menerima sekantong air mata
Setiap jiwa menunduk berjalan mundur
Sampai gubuk tua setiap jiwa berbagi air mata
Ada rahasia dibalik rencana manusia
Manusia hanya manusia tak menyimpan rahasia
Ada kuasa dibalik kekuatan manusia
Manusia sebatas manusia tak menggenggam kuasa

Aku Masih Manusia
Ya Allah hembuskan angin hamburkan lipatan jenuh
Ya Allah guyurkan hujan hanyutkan gumpalan letih
Aku percaya pagi kan datang bawakan buah ranum
Tegarkan aku lewati pintu duri menuju ruang harum
Aku percaya esok-Mu kan rekahkan kuncup indah

Nisan Basah
Dalam senyap nisan berbisik
Peluklah aku
Jangan lumuri aku dengan air mata
Aku ingin tetap tegak
Sebelum melangkah taburkan bunga di pusara
Aku ingin cinta kita tetap tegar
Kirimi aku doa
Aku ingin nimat kubur mengiringi jalan ke surga

Bermartabat
Pancarkan panas mekarkan hati kuncup
Mengurai benang kusut bukakan birbir katup
Tiupkan angin sejukkan hati membara
Hembuskan doa mohonkan terangkat lara
Bukakan payung lindungi bedak dari luntur
Ulurkan tongkat angkat dari jerembab lumpur
Suapi bibir kering basahi tenggorokan kerontang
Hari-hari bukakan pintu luruskan jalan melintang

Tinggalkan Balasan

